JAKARTA – Kementerian Perhubungan, mulai Jumat 9 Agustus 2019, akan memperluas penerapan kenaikan tarif ojek online ke 88 kota. Kenaikan tarif ini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

“Mulai besok, 9 Agustus 2019 pukul 00.00, kenaikan tarif akan diaplikasikan ke 88 kota tambahan sehingga perluasan akan mencapai sekitar 80 persen,” ungkap Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani, saat ditemui di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (8/8).

Sebagai informasi, perluasan kenaikan tarif tahap I dilakukan di wilayah Jabotabek, Bandung, Jogja, Surabaya dan Makassar. Diikuti dengan tahap II yang melebar ke kurang lebih 41 kota di seluruh Indonesia.

Yani melanjutkan perluasan kenaikan tarif ojek online secara keseluruhan ditargetkan rampung September mendatang. Setelahnya, Kemenhub bakal mengevaluasi pemberlakuan tarif baru setelah diterapkan selama 3 bulan.(wayar.id/pal)