MEDAN – Jamur crispy adalah kudapan populer di Indonesia. Bisa jadi tidak ada kafe yang tidak menyediakan cemilan ini di menunya.

Rasa dari jamur yang beraroma gurih dipadu dengan tekstur renyah dari tepung crispy, membuat jamur crispy sangat populer jadi teman minum kopi serta nongkrong.

Cara membuat jamur crispy yang keriting dan awet renyah sebenarnya sama sekali tidak sulit. Rahasianya cuma adonan pencelup dan tepung kering yang dibuat dengan bahan sama.

Penggunaan air es untuk adonan pencelup juga bisa menambah tingkat kerenyahan gorengan. Selain itu kerenyahannya bakal lebih tahan lama.

Bagaimana cara membuat jamur crispy yang benar-benar renyah dan tetap kremes meskipun sudah berjam-jam? Berikut ini beberapa resep yang bisa diterapkan di dapur rumah Anda, seperti yang suda dirangkum.

Resep dan cara membuat jamur crispy yang enak dan renyah tahan lama

Agar jamur crispy renyah lebih lama, jangan lupa menggunakan air es untuk melarutkan adonan tepung pencelup. Baking soda juga membantu hasil kremes lebih keriting.

Bagaimana cara membuat jamur crispy keriting dan super renyah? Berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat jamur crispy.

Bahan:

500 gram jamur tiram
Bahan tepung pencelup:
100 gram tepung terigu protein sedang
1 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh baking soda
200 ml air es

Bahan tepung pelapis:

100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung maizena/tepung kanji
1/4 sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya
Saus sambal botolan/sambal bangkok secukupnya

Cara membuat jamur crispy yang enak dan renyah tahan lama:

Potong jamur tiram yang kuntumnya lebar menjadi seukuran satu suapan.
Haluskan bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Tambahkan garam, merica bubuk, dan sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.

Buat campuran tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
Tambahkan air es ke dalam adonan pencelup. Aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu.
Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, gulingkan jamur tiram di tepung pelapis. Pastikan seluruh bagian jamur diselimuti lapisan tebal. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaannya.
Goreng jamur tiram di dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya. Selagi digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas.
Angkat jamur tiram dari penggorengan begitu warnanya sudah berubah kuning kecoklatan.
Tiriskan minyak dari gorengan jamur crispy dengan kertas penyerap minyak atau kertas koran. Setelah itu sajikan dengan sambal.(wayar.id/pal)

 

Sumber foto: internet