JAKARTA – Saat menerima kunjungan Timnas Sepakbola U16 Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar tetap mempertahankan kerja keras. Sebab, ia mengamati dalam masa pubertas para atlet muda kerap performanya menurun setelah usianya menginjak usia 19 tahun.

“Karena saya lihat saudara-saudara memiliki sebuah talenta dan bakat yang luar biasa, saya titip untuk mempertahankan kerja keras karena saya amati biasanya akan menurun setelah U-19 saya amat dari dulu,” katanya saat menerima kunjungan timnas U16 di Istana Merdeka, Kamis (4/10/2018).

Adapun menurut Presiden Jokowi, salah satu penyebab perfoma atlet muda yang menurun itu karena adanya perubahan gaya hidup. Untuk itu, dirinya mengimbau bagi para atlet timnas U-16 jika memiliki pendapatan berlebih hntuk ditabung.

“Jangan mengubah gaya hidup kita. Tetap rendah hati, tetap kerja keras berjuang keras kalau ada pendapatan lebih ditabung,” terang Presiden.

Dengan begitu, ia optimistis Timnas U-16 ini akan menjadi kebanggan negara dalam lima sampai 15 tahun yang akan datang.

Jokowi juga menyampaikan rasa bangganya atas perjuangan keras yang dilakukan timnas U-16 baik dalam kompetisi tingkat ASEAN maupun Asia.

Ke depan, Presiden juga titip kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi untuk betul betul dijaga, pelatih dan official agar tetap kompak untuk bisa ke tim senior nantinya.(wayar.id/pal)