MEDAN – Siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) mengunjungi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Medan, Kamis (29/8/19).

Siswa-siswi SMA YPSA yang dibimbing guru PKn bapak Amrizal, S.H., ini disambut langsung Ketua Komisi IV Bapak Abdul Rani, S.H.

Pada sesi tanya jawab dengan para pelajar, salah satu siswa menanyakan tugas pokok dan fungsi DPRD.

Mendengar pertanyaan tersebut, Bapak Abdul Rani menjawab bahwa DPRD bertugas menyuarakan suara rakyat, sedangkan fungsi dewan ada tiga, yakni legislasi, anggaran, dan monitoring.

Abdul Rani kemudian menjelaskan bahwa dalam pemerintahan itu ada kalangan eksekutif dan legislatif yang keduanya harus sejalan dengan baik untuk mengatur pemerintahan.

“Kalangan eksekutif dipimpin oleh Walikota, sedangkan kalangan legislatif oleh Ketua DPRD kota,” ujar Abdul Rani.

Guru Pembimbing Amrizal, S.H., mengatakan bahwa dengan praktek langsung kelapangan ini diharapkan siswa mampu memahami tugas dan fungsi DPRD sebagai Pengawasan dan control terhadap tugas pemerintah, Penganggaran ( Budgeting), dan membuat peraturan daerah.

Kepala SMA YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa “program mengunjungi DPRD merupakan salah satu inovasi pembelajaran dari mata pelajaran PKn. Jadi kita minta setiap guru untuk melakukan inovasi-inovasi dalam setiap mata pelajaran”.

“Kita harapkan dari kunjungan melihat langsung ke DPRD kota Medan, siswa kita bekali juga leadership yang baik, siswa dapat melihat langsung proses rapat paripurna DPRD kota Medan. Kita juga berharap ini menjadi motivasi tersendiri agar mereka punya keinginan untuk membangun negara Indonesia ini”, akhiri Bagoes.

Usai berdialog, para siswa-siswi SMA YPSA diajak masuk ke ruang rapat paripurna untuk merasakan langsung duduk di kursi anggota dewan.

Peserta siswa SMA YPSA berjumlah 32 orang ini terdiri dari kelas X, XI dan XII.

Pertemuan diakhiri dengan Penyerahan Plakat dari YPSA dan DPRD.(wayar.id/pal)