Menteri BUMN Rini M. Soemarno saat menghadiri HUT BUMN.(wayar.id)

TEBINGTINGGI – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Ke-21 Kementerian BUMN, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)/INALUM dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersinergi untuk menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada warga Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Sinergi Program CSR yang dikemas dengan nama Program Pemberdayaan Masyarakat ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan yaitu Jalan Sehat 5 Km di Jalan Tol Tebing Tinggi, Promo Aktivasi LinkAja, Santunan Anak Yatim, Khitanan Anak Taqwa serta Bersih-bersih Kampung Bersama BUMN.

Turut hadir dan membuka rangkaian kegiatan tersebut dengan Jalan Sehat di Jalan Tol Tebing Tinggi, Menteri BUMN Rini M. Soemarno menjelaskan bahwa Kementerian BUMN memiliki tanggung jawab dalam kepedulian sosial.

“Acara yang dibuat dalam rangka HUT Kementerian BUMN ini menunjukkan bahwa BUMN ke depannya harus betul – betul bisa berkiprah sebagai perusahaan profesional yang dapat mencetak keuntungan namun juga bisa berbagi kepada masyarakat,” ujar Rini dalam sambutannya saat melepas ± 1.500 peserta jalan sehat yang mayoritas berasal dari warga sekitar Jalan Tol Tebing Tinggi.

Hal ini selaras dengan komitmen INALUM dan Jasa Marga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya dari sisi kinerja namun juga dalam tanggung jawab sosialnya, selaras dengan semboyan “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Direktur Utama INALUM Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa selain meningkatkan kesejahteraan, rangkaian kegiatan ini juga dilakukan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

“Pada HUT ke-21 Kementerian BUMN ini kami melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan, khususnya di Tebing Tinggi yang memiliki hubungan historis dengan INALUM sejak awal konstruksi di tahun 1970-an dan tentunya hal ini juga selaras dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri,” jelas Budi.

Selain itu, pada tahun 2018 INALUM yang telah berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari realisasi dana PKBL dan CSR yang telah disalurkan pada tahun 2018 sebesar Rp 29 Miliar.

Program rutin seperti pengobatan gratis, perbaikan sarana ibadah, pembuatan sumur bor, pembuatan posyandu, bantuan meubelier dan sarana pendidikan untuk sekolah-sekolah di sekitar Perusahaan masih tetap terus dijalankan oleh INALUM sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Dalam rangka pelestarian alam, INALUM bersama dengan PT Inhutani IV (Persero) dan LSM melakukan penghijauan dengan menanam pohon sebanyak 450 Ha lahan kritis di sekitar Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba.

Selain itu, dalam perayaan hari besar keagamaan pada tahun 2018, INALUM juga telah menyalurkan Sembako Gratis pada Bulan Ramadhan sebanyak 5.000 paket di 10 Kabupaten/Kota dan 3 wilayah pengembangan INALUM, sedangkan untuk natal INALUM akan kembali melaksanakan program sembako gratis seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain Menteri BUMN, turut hadir dalam acara ini adalah Walikota Tebing Tinggi, Sekretaris Kementerian BUMN, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN dan Jajaran Direksi INALUM serta lainnya.

Seusai kegiatan jalan sehat, INALUM dan Jasa Marga mengadakan kegiatan penjualan 2.100 paket pangan murah untuk warga Kota Tebing Tinggi yang terbagi di Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi dan Terminal Bandar Kajum.

INALUM dan Jasa Marga pun juga turut memberikan santunan kepada 100 anak yatim dan menyelenggarakan khitananan 100 anak taqwa bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Kumpulan Pane.

Rangkaian Program Pemberdayaan Masyarakat ditutup dengan kunjungan ke Pasar Gambir yang merupakan program Bersih-Bersih Kampung bersama BUMN. Ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan INALUM dan Jasa Marga untuk program padat karya tunai bekerjasama dengan warga setempat sejumlah 210 orang di dua tempat sekaligus, yaitu Pasar Gambir dan Pasar Bandar Sakti.

INALUM berharap dengan diadakannya program-program dalam rangka HUT ke-21 Kementerian BUMN ini dapat memberikan kontribusi bukti nyata kehadiran BUMN dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia yang juga dapat memberikan manfaat bagi BUMN secara keseluruhan.(wayar.id)