JAKARTA – Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, kabar duka datang dari Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Presiden ke-3 Republik Indonesia ini meninggal dalam usia 83 tahun, Rabu (11/9/2019), sekitar pukul 18.05 WIB. BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie meninggal di usia 83 tahun.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019.

Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

“Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi,” ujar Azis Rani, Rabu (11/9/2019).

“Eyang sampai jumpa di keabadian. Senangnya udah bisa ngelepas kangen sama Eyang Putri,” tulis keponakan BJ Habibie, Melanie Soebono, di akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya, Habibie mendapatkan perawatan intensif di RSPAD sejak 2 September 2019 lalu. Kabar Habibie meninggal dunia ini juga dikonfirmasi oleh anak kedua Habibie, Thareq Habibie, di RSPAD.

“Ayah saya Baharuddin Jusuf Habibie, presiden ke-3 Republik Indonesia telah meninggal dunia pada pukul 18.05 WIB,” jelasnya.

BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Ia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Dalam beberapa tahun terakhir, Habibie pernah beberapa kali dirawat di rumah sakit. Dari mulai karena persoalan jantung hingga kelelahan.(wayar.id/pal)

 

Sumber foto: pojoksatu.id