MEDAN – Pizza merupakan makanan khas Itali yang sangat populer di seantero dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Olahan makanan ini juga banyak digemari orang dari berbagai kalangan.

Pizza adalah roti berbentuk bundar dan pipih yang di atasnya diberi topping saus tomat dan keju, lalu dipanggang di dalam oven. Selain itu, pizza juga dilengkapi dengan topping sayuran, daging, dan bumbu.

Meski merupakan makanan khas Italia, sekarang pizza telah menjadi salah satu makanan cepat saji yang paling populer dan umum di Eropa, Amerika Utara juga Indonesia.

Nah, buat kamu penggila menu ini tahu nggak sih jika kini menikmati pizza udah nggak perlu ke restoran atau delivery lagi. Kamu bisa membuat sendiri di rumah, bahkan meski kamu nggak punya oven. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep cara membuat pizza berikut ini.

Cara membuat pizza dengan teflon adalah solusi buat kamu yang tak memiliki oven untuk memanggang pizza. Berikut langkah-laangkahnya yang sudah dirangkum

Cara membuat pizza teflon

Bahan untuk roti:

Tepung terigu protein sedang 1/2 kg

Fermipan 5 gr

Minyak sayur 3 sdm

Garam 1/2 sdt

Gula pasir 2 sdm

Air 250 ml

Bahan untuk topping:

Saus tomat secukupnya

Keju mozarela secukupnya (dipotong-potong)

Bawang bombay 2 buah (dicincang halus)

Bila kamu suka, bisa juga menggunakan topping berikut: ikan tuna, sosis, bakso, daging asap (ham), ayam, dsb

Persiapan awal cara membuat pizza tanpa oven:

1. Masukkan tepung terigu, fermipan, gula pasir, garam dan minyak sayur, dalam wadah, aduk dan campur sampai merata. Sambil menguleni tepung, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga terbentuk menjadi adonan. Tutup wadah dengan kain, dan biarkan dulu adonan di dalamnya.

2. Siapkan wajan, lalu tumis bawang bombay sampai berbau harum, tambahkan topping sesuai selera ke dalam tumisan. Masukkan secukupnya saus tomat dan saus cabai.

3. Adonan yang telah cukup lama didiamkan lalu digilas agar berbentuk pipih. Tentukan ketebalan adonan roti sesuai selera. Makin tipis adonan, maka makin renyah rasanya.

Cara membuat pizza:

Siapkan wajan teflon, kemudian panaskan dan cairkan 1 sdm mentega. Letakkan adonan pizza diatas wajan, taburi dengan keju mozarella. Selama memasak, tutupilah wajan dengan penutupnya, agar benar-benar matang dan keju mencair dengan sempurna. Pizza teflon buatanmu siap dihidangkan.

Untuk variasi kamu juga bisa membuat pizza teflon dalam ukuran mini.

Berikut cara membuat pizza mini tanpa oven.

Cara membuat pizza mini Bahan untuk roti:

Tepung terigu protein sedang 300 gr

Gula pasir 20 gr

Air es 200 ml

Minyak goreng 25 gr

Ragi instan 1 sdt

Garam 1 sdt

Bahan untuk topping:

Ayam cincang 100 gr taburi dan uleni dengan sdt garam

Paprika hijau buah yang sudah dipotong kotak-kotak

Sosis ayam 2 batang (potong kotak-kotak kecil)

Keju mozarella 150 gr (parut kasar)

Bahan untuk saus:

Tepung terigu protein sedang 3 sdm

Bawang bombay siung, cincang halus

Keju 25 gr, parut

Susu cair 250 ml

Margarin 2 sdm

Garam sdt

Merica bubuk sdt

Pala bubuk sdt

Cara membuat adonan pizza mini:

1. Siapkan wadah, kemudian masukkan tepung terigu, ragi instant dan gula pasir lalu aduk hingga tercampur rata. Tuangkan air es sedikit demi sedikit, sambil menguleni adonan hingga menjadi kalis. Tambahkan garam dan minyak goreng, lalu uleni adonan hingga menjadi elastis. Diamkan dulu selama kurang lebih 30 menit.

2. Selama menunggu adonan, siapkan wajan dan panaskan, masukkan margarin di atas wajan. Lalu masukkan bawang bombay, tumis hingga bawang berbau harum. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga adonan saus menggumpal. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk pelan-pelan hingga adonan saus menjadi halus. Masukkan merica bubuk, garam, pala bubuk, dan keju parut, aduk-aduk hingga mendidih.

Cara memasak pizza mini tanpa oven:

1. Kempiskan adonan, kemudian takar dan bagi adonan menjadi @ 10 gram perbiji. Bentuk adonan pizza menjadi bulat, lalu diamkan selama 10 menit. Lalu gilas adonan pizza menjadi berbentuk bulat dan pipih.

2. Siapkan teflon, lalu oleskan margarin di permukaannya. Letakkan adonan. Gunakan garpu untuk menusuk-nusuk permukaan adonan kulit pizza. Oleskan bahan saus di permukaan kulit pizza. Taburkan topping: keju, sosis dan tumisan ayam yang telah dicincang.

Selain menggunakan teflon, cara membuiat pizza lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan memanfaatkan magic com. Cara berikut ini juga jadi bukti bahwa membuat pizza bisa dilakukan meski tanpa oven.

Cara membuat pizza sayuran dengan magic com

Bahan roti:

150 gram tepung terigu

2 sdm gula

1/2 sdt garam

1 sdm fermipan

75 ml air es

2 sdm minyak goreng

Bahan topping:

Keju mozarella secukupnya

Keju parut sekucupnya

Saos tomat dan saos sambal secukupnya

½ buah bawang bombay iris tipis

1 sdm jagung manis instant

Segenggam brokoli

Segenggam jamur kancing

2 sdm mentega untuk menumis

Cara membuat pizza:

1. Buatlah adonan roti pizza terlebih dahulu dengan mencampur tepung, garam, fermipan, gula, minyak goreng, dan air es dalam satu wadah, lalu uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, lalu diamkan dalam wadah dengan ditutup serbet basah selama 45 menit.

2. Sambil menunggu adonan mengembang, tumis dengan menggunakan mentega sayur-sayuran yang ada yaitu brokoli, jamur kancing, jagung manis, bawang bombai lalu tambahkan saos tomat dan saos sambal kemudian matangkan tapi jangan sampai overcook. Angkat, lalu sisihkan.

3. Setelah adonan roti mengembang bentuk adonan menjadi bulat pipih mengikuti wadah magic com dengan ketebalan lebih kurang sekitar 1/2 – 1 cm. Usahakan jangan terlalu tebal, sehingga mudah untuk dimatangkan. Sebelumnya olesi dasar magic com dengan menggunakan minyak sayur agar tidak lengket.

4. Tusuk-tusuk roti menggunakan garpu hingga memenuhi lingkaran. Olesi roti dengan saos tomat hingga rata lalu tambahkan topping sayuran yang telah ditumis sebelumnya hingga memenuhi seluruh permukaan. Taburi keju parut dan potongan keju mozarella di atasnya.

5. Terakhir, masukkan wadah ke dalam magic com kemudian tekan tombol cook. Tekan tombol cook hingga beberapa kali hingga adonan matang. Jika pizza sudah matang, keluarkan dari magic com dengan cara mencungkil menggunakan sendok atau garpu. Lalu sajikan ketika hangat.(wayar.id/pal)

 

Sumber foto: metro.ca